TUJUAN DAN FUNGSI EVALUASI PEMBELAJARAN
MAKALAH
PENGEMBANGAN TES
TUJUAN
DAN FUNGSI EVALUASI
PEMBELAJARAN
OLEH:
PUNI PABILAN SATRI
(1711290069)
FAKULTAS
TARBIYAH DAN TADRIS
INSTITUT
AGAMA SILAM NEGERI (IAIN) BENGKULU
PROGRAM
STUDI BAHASA INDONESIA
TAHUN
2019
A.
Fungsi Evaluasi
Berikut ini fungsi-fungsi dari evaluasi sebagai
berikut :
1. Secara
psikologis ,peserta didik perlu mengetahui prestasi belajarnya,sehingga ia merasakan
kepuasan dan ketennagan. Untuk itu guru/instruktur perlu melakukan penilaian
terhadap prestasi belajar peserta didiknya.
2. Secara
sosiologis ,untuk mengetahui apakah peserta didik sudah cukup mampu untuk
terjun ke masyarakat .Mampu dalam arti dapat berkomunikasi dan beradaptasi
dengan seluruh lapisan masyarakat dengan segala karakteristiknya.
3. Menurut
didaktis-metodis ,evaluasi berfungsi untuk membantu guru/instruktur dalam
menempatkan peserta didik pada kelompok tertentu sesuia dengan kemampuan dan
kecakpannya masing-masing.
4. Sebagai alat pengukur ketercapaian
tujuan mata pelajaran
Ketika
pembelajaran sudah dilaksankan evaluasi ini sebagai pengukur sudah tercapai
dengan baik atau belum kah pembelajaran yang sudah kita laksanakan.
5. Sebagai alat pengukur tujuan proses
belajar mengajar
6. Mengetahui kelemahan siswa dan dapat
menyelesaikan kesulitan belajar siswa
Dari
Evaluasi ini kita dapat mengetahui misalnya si A lemah dalam pelajaran
matematika penyebabnya adalah si anak ini mudah pusing dalam mengerjakan tugas
dengan hal-hal yang berkaitan dengan angka,dia juga pemalas dalam belajar jadi
cara mengatasinya adalah dengan memberi motivasi serta bimbingan terhadap anak
ini .
7. Menempatkan siswa sesuai dengan
bakat dan minatnya serta kemampuan siswa.
Jadi
dari evaluasi ini kita dapat mengetahui minat dan bakar peserta didik , Contohnya misalnya ternyata si A ini pintar
bahasa Indonesia apalagi dalam bidang
membaca puisi ,ternyata si B ini walaupun tidak pintar bahasa Indonesia tapi ternyata dia pintar dalam bidang matematika ,dia cepat
sekali menyelesaikan rumus-rumus ujian yang diberikan dan nilainya sempurna.
8. Untuk guru BP, dapat mendata
permasalahan yang dihadapi siswa dan alternatif bimbingan dan penyuluhannya.
Jadi dari evaluasi setelah permasalahan siswa didata maka guru BP akan mencari
solusi alternatif untuk menyelesaikan permasalahan-permasalan para siswa tadi.
B.
Fungsi Pelaksaan Evaluasi
Adapun fungsi pelaksanaan evaluasi
adalah sebagai berikut:
a) Evaluasi berfungsi selektif
Dengan
cara mengadakan evaluasi guru mempunyai cara untuk magadakan seleksi atau
penilaian terhadap siswanya. Evaluasi itu sendiri mempunyai berbagai tujuan,
antara lain: Untuk memilih siswa yang dapat diterima di sekolah tertentu. Untuk
memilih siswa yang dapat naik kelas atau tingkat berikutnya. Untuk memilih
siswa yang seharusnya mendapat beasiswa. Untuk memilih siswa yang sudah berhak
meninggalkan sekolah dan sebagainya.
b) Evaluasi berfungsi diagnostic
Apabila
alat yang digunakan dalam panilaian cukup memenuhi persyaratan, maka dengan
melihat hasilnya, guru akan mengetahui kelemahan siswa. Disampaing itu,
diketahui pula sebab dari kelemahan itu. Jadi dengan mengadakan penilaian,
sebenarnya guna mengadakan diagnosis kepada siswa tentang kebaikan dan
kelemahannya. Dengan diketahui sebab-sebab kelemahan ini, akan lebih mudah
dicari cara untuk mengatasi.
c) Evaluasi berfungsi penempatan
Sistem
baru yang kini banyak dipopulerkan di Negara barat, adalah sistem belajar
sendiri. Belajar sendiri dapat dilakukan dengan cara mempelajari sebuah paket
belajar, baik itu berbentuk modul maupun paket belajar yang lain.
d) Evaluasi berfungsi sebagai pengukur
keberhasilan
Fungsi
keempat dari penilaian ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana suatu
program berhasil diterapkan. Keberhasilan program ditentukan oleh beberapa
faktor yaitu faktor guru, metode mengajar, kurikulum, sarana, dan sistem
administrasi.
C.
Fungsi Evaluasi Berdasarkan Jenis Evaluasi
Disamping itu,fungsi evaluasi dapat
dilihat berdasarkan jenis evaluasi itu sendiri , yaitu :
1.
Formatif ,yaitu memberikan feed back bagi guru/instruktur
sebagai dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran dan mengadakan program
remedial bagi peserta didik yang belum menguasai sepenuhnya materi yang
dipelajari.
2.
Sumatif,yaitu mengetahui tingkat penguasaan peserta didik
terhadap materi pelajaran,menentukan angka(nilai) sebagai bahan keputusan
kanaikan kelas dan laporan perkembangan belajar,serta dapat meningkatkan
motivasi belajar.
3.
Diagnostik,yaitu dapat mengetahui latar belakang peserta didik
(psikologis,fisik,dan lingkungan) yang mengalami kesulitan belajar.
4.
Seleksi dan penempatan ,yaitu hasil evaluasi dapat dijadikan
dasar untuk menyeleksi dan menempatkan peserta didik sesuai dengan minat dan
kemampuannya.
D.
Tujuan Evaluasi Pembelajaran
Tujuan evaluasi pembelajaran sebagai berikut :
1. Untuk
melihat dan mengetahui proses yang
terjadi dalam proses pembelajaran . Dalam evaluasi akan diperoleh informasi
tentang apa yang telah dicapai dan mana yang belum (Mardapi,2004:19).
2. Memberikan
informasi bagi kelas dan pendidik untuk meningkatkan kualitas proses belajar
mengajar. Contohnya ketika kita
mengetahui banyak sekali yang belum dicapai maka kita akan meningkatkan kualitas
belajar mengajar kita,dan berusaha lebih baik lagi dalam mencapai tujuan tersebut.
3. Menentukan angka kemajuan atau hasil
belajar pada siswa. Untuk mengetahui kadar pemahaman peserta didik terhadap
materi pelajaran. Fungsinya sebagai laporan kepada orangtua siswa, penentuan
kenaikan kelas, penentuan kelulusan siswa.
4. Untuk melatih keberanian dan
mengajak peserta didik untuk mengingat kembali materi yang telah diajarkan dan
untuk mengetahui tingkat perubahan prilakunya.
5. Mengenal latar belakang siswa yang
berguna baik bagi penempatan maupun penentuan sebab-sebab kesulitan belajar para
siswa. Berfungsi sebagai masukan bagi tugas Bimbingan dan Penyuluhan (BP).
6. Sebagai umpan balik untuk guru yang
dapat digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan program remedial
untuk siswa.
7. Informasi evaluasi dapat digunakan
untukmembantu memutuskan kesesuaian dankeberlangsungan dari tujuan
pembelajaran, kegunaan materi pembelajaran, dan untuk mengetahuitingkat
efisiensi dan efektifitas daristrategi pengajaran (metode dan
teknikbelajar-mengajar) yang digunakan.
8. Menurut Gronlund (1976: 8), evaluasi
dalam pendidikan memiliki tujuan :
a. Untuk memberikan klarifikasi tentang
sifat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan,
b. Memberikan informasi tentang
ketercapaiantujuan jangka pendek yang telah
di laksanakan,
c. Memberikan masukan untuk kemajuan pembelajaran,
d. Memberikan informasi tentang
kesulitan dalam pembelajaran dan untuk memilih pengalaman pembelajaran di masa
yang akan datang.
KESIMPULAN
Evaluasi sangat
berpengaruh dalam proses pembelajaran ,yang mana memiliki fungsi diantaranya, secara psikologis ,peserta didik
perlu mengetahui prestasi belajarnya,sehingga ia merasakan kepuasan dan
ketennagan. Untuk itu guru/instruktur perlu melakukan penilaian terhadap
prestasi belajar peserta didiknya.Secara sosiologis ,untuk mengetahui apakah
peserta didik sudah cukup mampu untuk terjun ke masyarakat. Mampu dalam arti
dapat berkomunikasi dan beradaptasi dengan seluruh lapisan masyarakat dengan
segala karakteristiknya. Menurut didaktis-metodis ,evaluasi berfungsi untuk
membantu guru/instruktur dalam menempatkan peserta didik pada kelompok tertentu
sesuia dengan kemampuan dan kecakpannya masing-masing.
Evaluasi memiliki tujuan
diantaranya , Sebagai
umpan balik untuk guru yang dapat digunakan untuk memperbaiki proses belajar
mengajar dan program remedial untuk siswa. Informasi evaluasi dapat digunakan
untukmembantu memutuskan kesesuaian dankeberlangsungan dari tujuan
pembelajaran, kegunaan materi pembelajaran, dan untuk mengetahuitingkat
efisiensi dan efektifitas daristrategi pengajaran (metode dan
teknikbelajar-mengajar) yang digunakan
Abdul Jabar; Cepi Safruddin; Arikunto, Suharsimi.
2007. Evaluasi
Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan.Jakarta:
PT Bumi Aksara.
Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran Prinsip,
Teknik, Prosedur.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan
Ed.Revisi.Jakarta: PT Bumi Aksara
Komsiyah, Indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta:
Teras.
Comments
Post a Comment